Video Capture Card | Card IEEE 1394 atau Firewire | Card IEEE 1394 atau Firewire | Card IEEE 1394 atau Firewire | S-Video

Peralatan dan Perlengkapan Video Editing




Video Capture Card

Pemindahan hasil rekaman dari kamera ke komputer mem-butuhkan adanya video capture card yang dicolokkan pada slot PCI komputer Anda. Transfer data dengan perangkat ini lazim dipakai pada kamera analog. Ada beberapa jenis video capture card yang dibedakan berdasarkan fitur koneksi yang ada:
  • IEEE 1394 Standar Capture Card
  • Video Capture kelas menengah
  • Real Time Video Capture Card
Card IEEE 1394 atau Firewire
Video capture card jenis ini paling sederhana karena hanya mendukung koneksi IEEE 1394. Capture card ini biasa disebut firewire. Kebanyakan PC belum memiliki koneksi tersebut, sehingga card ini sebenarnya hanya berfungsi untuk menambah konektor saja. Konektor ini digunakan untuk meng-capture format DV (Digital Video), dan hanya untuk mentransfer data digital dari camcorder ke komputer.

Card IEEE 1394 atau Firewire

Composite adalah tipe koneksi analog paling sederhana, karena menggunakan satu buah kabel. Sinyal luminance (terang-gelap) disatukan (di-composite) dengan sinyal wama. Konektor RCA ini memiliki ciri tiga wama yang khas, yakni merah, putih, dan kuning. Kabel kuning untuk sinyal video, merah dan putih untuk sinyal audio (R dan L).

S-Video

Koneksi jenis ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding composite. Kabel ini membagi sinyal luminance dan warna dalam kabel yang berbeda.

Component

Koneksi jenis ini merupakan koneksi terbaik. Koneksi ini memi-sahkan setiap komponen wama YCC. Biasa dipakai pada perangkat Betacam (Beta-SP).

IEEE 1394

Koneksi ini umum disebut dengan koneksi firewire (Apple Komputer) atau i-Link. Koneksi ini merupakan standar koneksi yang memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi karena mampu mentransfer data hingga 400 Mbps. Konektor jenis ini sering dipakai pula untuk koneksi hardware lain, seperti scanner, harddisk eksternal serta koneksi jaringan komputer berkecepatan tinggi.

Serial Digital Interface
Koneksi ini dipakai untuk konsumen high-end Professional untuk mengolah digital video format HD (High Definition) dan SD (Standard Definition). Perangkat yang menggunakan koneksi jenis ini biasanya harganya sangat mahal dan hanya dipakai pada industri film atau video yang besar saja.

Teknologi Baru Camcorder

Perkembangan teknologi membuat segalanya jadi praktis dan ekonomis. Dengan adanya camcorder digital, untuk meng-capture video saat ini tidak lagi diperlukan video capture card. Camcorder digital seperti JVC tipe Gr-D290AG tidak lagi membutuhkan kartu video capture untuk memindahkan data video ke harddisk. Cukup disambungkan dengan kabel GSB seperti halnya koneksi flashdisk, gambar telah dapat dipindah ke harddisk.

Camcorder digital keluaran tahun 2002 ke atas yang dilengkapi dengan GSB Streaming memungkinkan Anda memainkan secara langsung hasil rekaman ke PC (personal komputer). Anda juga dapat menyimpannya langsung dalam harddisk, tanpa disimpan dalam kaset. Fasilitas ini juga memungkinkan camcorder sebagai PC-camera online, mirip halnya dengan web camera.
Perkembangan teknologi video tentunya tidak akan berhenti sampai di sini. Bukan tidak mungkin, transfer data video dari handycam ke harddisk akan menggunakan teknologi wireless (bluetooth, wi-fi). Jadi Anda tinggal memutar kaset di camcorder/ player kemudian men-transfer gambar via infra merah. Tidak perlu lagi kabel GSB, apalagi video capture card.

Kemudahan akan lebih terasa apabila menggunakan kamera dengan media penyimpan keping DVD. Tidak usah memutar ulang rekaman, cukup menghidupkan handycam, data otomatis disimpan ke dalam keping DVD.

Perangkat Pendukung

Perangkat pendukung untuk video production tidak harus mutlak dimiliki tetapi keberadaannya akan membantu efektifitas kerja Anda. Perangkat tambahan pada video production antara lain rewinder, switcher, cassette cleaner, televisi, tripod, lampu, MP3/MP4 player, dan mic ekstemal.

Rewinder 
Rewinder berfungsi untuk menggulung pita kaset. Harganya tidak terlalu mahal, tapi lumayan untuk menjaga agar head kamera tidak cepat rusak. Jika tidak ada rewinder, mau tak mau bila ingin menggulung kaset harus memakai kamera. Jika ini dilakukan terus-menerus, dapat menyebabkan head kamera cepat aus dan rusak.

Switcher

Switcher berguna untuk mengatur sinyal video yang masuk dari beberapa kamera menjadi satu sinyal video. Sinyal-sinyal ini dapat diberi efek-efek video maupun efek-efek transisi dari kamera satu ke kamera lain. Sinyal video yang keluar dari switcher dapat ditampilkan di televisi atau direkam ke kaset atau langsung disimpan dalam harddisk.
Cassette Cleaner

Cassette cleaner atau pembersih kaset memiliki fungsi untuk membersihkan head kamera dari kotoran yang dapat mengganggu tampilan gambar. Bila head yang kotor tetap dipaksa untuk merekam gambar, jangan harap dapat menghasilkan gambar yang bagus. Ciri kamera yang head-nya kotor adalah tampilan gambar akan terpotong-potong, sebagian tampilan diam dan sebagian lainnya bergerak. Jika demikian, segera lakukan pem-bersihan head dengan cassette cleaner. Kaset ini dapat diperoleh dengan harga cukup terjangkau, namun juga disesuaikan dengan model kaset yang dipakai kamera Anda. Misalnya jika jenisnya Mini-DV, maka pakailah kaset pembersih model Mini-DV.

Televisi

Kebanyakan hasil akhir produk VCD maupun DVD akan dinikmati konsumen lewat televisi, maka alangkah lebih baik bila dalam proses mengedit komputer dapat dikoneksikan dengan televisi. Hal ini untuk memperhitungkan kualitas tampilan yang mungkin berbeda antara layar monitor dengan televisi. Terutama pada batas toleransi title teks yang pada umumnya mengalami perbedaan antara di komputer dengan televisi. Kalau tidak hati-hati, teks yang tampak di layar komputer akan terpotong atau tidak tampak jika ditampilkan di layar televisi. Begitu pula untuk pengaturan pencahayaan, pewarnaan, dan lain sebagainya.

Televisi juga dapat dipakai saat pengambilan gambar yang menggunakan fasilitas kamera lebih dari satu yang diatur pergantiannya dengan switcher.
Copyright © Buek Video. All rights reserved.