Pengenalan Video Production, Mekanisme Kerja, Dunia Sinema

Kini eranya multimedia dan digital. Perubahan format analog ke digital telah merambah ke semua alat elektronik, mulai dari kamera, televisi, handphone, dan lain sebagainya. Digitalisasi dirasa lebih sederhana dan praktis, baik dari segi pengoperasian maupun dokumentasi.

Dokumentasi even-even khusus tentunya akan berkesan manakala dibuka kembali 5 atau mungkin 10 tahun mendatang. Pendokumentasian dapat dilakukan sendiri atau melibatkan pihak lain, dapat dalam bentuk foto-foto ataupun video. Kalaupun ingin ditangani sendiri, peralatan yang diperlukan juga telah tersebar luas seperti kamera digital saku. Atau jika Anda ingin merekam video, telah ada handycam dengan bentuk kecil, fitur lengkap, dan harga yang cukup terjangkau. Bahkan Anda tak perlu susah mengoperasikannya karena deuice-deuiCe tersebut telah “pintar”.

Jika Anda ingin menggunakan jasa studio foto atau video shoting, saat ini pun dapat dengan mudah Anda jumpai di banyak tempat. Mereka siap menawarkan jasa pendokumentasian even-even penting Anda, dan untuk jangka waktu satu atau dua hari Anda telah dapat melihat hasilnya. Cepat dan praktis bukan? Anda tinggal memainkannya pada VCD/DVD player atau komputer.

Mekanisme Kerja Video Production

Video Production adalah usaha produksi di bidang multimedia yang khusus menangani kebutuhan pemrosesan video. Macamnya banyak sekali, dapat dalam bentuk transfer video, editing video, dokumentasi even, company profile, pembuatan iklan, atau film pendek, dan lain sebagainya. Usaha ini masih dekat dengan bentuk usaha production house (PH) atau rumah produksi yang lebih profesional dalam menghasilkan produk-produknya. Juga hampir sama dengan editing video yang jauh lebih simple, karena editing video itu cukup mengedit video saja.

Usaha video production ini dapat dikatakan berada di tengah-tengah antara usaha editing video dan PH. Karena dalam video production tidak cukup mengedit video saja, tapi juga melakukan pengambilan gambar atau shooting. Bahkan jika mampu, sekaligus membuat script atau naskah sekenario suatu film, iklan, lalu menyutradarai pengambilan gambarnya. Melihat kondisi kerja yang demikian, dapat jadi jika personel-personel yang dimiliki telah mumpuni dan profesional. Usaha video production ini dapat berkembang dan menjelma menjadi PH yang besar dengan jumlah karyawan yang banyak.

Gambar berikut ini memperlihatkan alur proses kerja video production secara umum. 


Video production dapat menjadi salah satu alternatif peluang usaha sendiri atau berwiraswasta yang memiliki prospek cukup bagus. Tidak butuh modal besar, minimal dengan Rp 10 juta Anda sudah dapat menjalankan usaha multimedia ini. Jumlah kru yang dibutuhkan pun tidak perlu banyak-banyak, paling tidak 2 orang. Bahkan dilakukan sendiri pun bisa, asalkan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan kamera atau handycam sekaligus mengeditnya.

Bisnis kecil-kecilan ini dapat dikerjakan di rumah sendiri dengan memanfaatkan ruang yang ada atau ruang khusus. Cukup dengan luas 3x3 m2, ruang tersebut dapat Anda jadikan tempat kerja sehari-hari.

Perkembangan Video Production
Perkembangan video production berbasis audio visual ini dapat dilihat dari berbagai perkembangan format output yang telah dihasilkan antara lain film, sinetron, infotainment, reality show, video klip, iklan, dan lain sebagainya.

Perjalanan Dunia Sinema
Dunia video mulai bangkit pada awal abad 20 ketika industri perfilman mulai berkembang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Saat itu belum dikenal istilah video editor, yang ada baru istilah “tukang gunting dan sambung" pita roli film karena pada saat itu film-film menggunakan pita dan digulung memakai roli. Sehingga proses menjadi satu kesatuan film masih dilakukan dengan cara dipotong sana sini, dan disambung sana sini.

Tahun 1930-an, industri sinema di Indonesia mulai tumbuh subur di kawasan perkotaan. Peran video editor telah diterapkan di antaranya dalam pemotongan tertentu film yang dinilai mengandung unsur bertentangan dengan etika.

Kemudian pada tahun 1960-an perkembangan teknologi industri kian maju dan dunia pertelevisian maupun sinematik mengubah fungsi video editor tidak hanya menjadi “tukang gunting dan sambung” pita rol film. Pada pertengahan tahun 1970-an nama “Video Editor” mulai dikenal luas seiring perkembangan perangkat video. Teknik dan kualitas yang dihasilkan juga semakin berkembang seiring perkembangan teknologi perangkat elektronika record-play, seperti video, laser disc, VCD, dan DVD yang mulai menjadi konsumsi publik. Bahkan kini para video editor telah menjadi individu yang mampu menggabungkan unsur estetika dan etika, memiliki daya seni dan imajinasi yang tinggi.

Jika dulu untuk menonton film Anda harus datang ke gedung bioskop, sekarang Anda dapat menikmati sendiri film-film yang Anda disukai melalui pesawat televisi, komputer, atau bahkan notebook. Masyarakat kini kian dimanjakan dalam menikmati hasil karya para video editor tersebut.

Sinetron
Industri pertelevisian di Indonesia mulai marak dengan hadirnya televisi-televisi swasta nasional pada tahun 1990-an. Olahan para video editor ini dapat Anda nikmati tiap hari, bahkan tiap jam. Selain memutar film-film bioskop, televisi sendiri juga menayangkan acara film seri atau yang lebih dikenal dengan nama sinetron. Jenis dan tema sinetron saat ini telah lebih berkembang di antaranya religi, mistik, cinta, keluarga, legenda, dan lain sebagainya. Ada juga sinetron yang mengadopsi cerita dari film layar lebar.
PH-PH yang memproduksi sinetron tersebut banyak yang mulai berlomba untuk menyajikan cerita sinetron yang benar-benar sesuai dengan selera masyarakat. Sebuah PH yang besar dapat membuat sinetron beberapa judul sekaligus dan ditayangkan di stasiun televisi berbeda.

Meski kejar tayang, pengeditan sinetron akan lebih mudah bila telah punya style-style yang rutin dipakai dalam setiap episode. Style-style tersebut antara lain dapat berupa style title, transisi, lighting, effect, dan lain sebagainya. Dengan style-style tersebut, proses editing dapat dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat. Apalagi jika memiliki alat switcher; video editing tidak perlu susah dalam proses mengeditnya karena tinggal memotong bagian yang telah diberi tanda perintah “cut” pada adegan yang tidak digunakan.

Infotainment

Selain sinetron, tayangan infotainment yang banyak muncul di televisi juga merupakan salah satu hasil sentuhan video editing. Jika PH memiliki modal besar, dapat dibuat beberapa tim untuk memproduksi lebih dari satu acara infotainment dan menjualnya ke beberapa stasiun televisi yang berbeda. Tak heran jika kadang ditemui acara infotainment di satu stasiun televisi hampir sama dengan stasiun televisi lain, meski nama acara dan pembawa acaranya berbeda. Kesamaan dapat dilihat dari isi informasi yang disampaikan, gambar video, maupun sudut atau angle berita.

Video editing dapat mengolah informasi visual menjadi lebih dramatis, dengan pengulangan gambar-gambar yang sama atau penerapan efek-efek tertentu. Sentuhan video editing ini tentunya dilakukan untuk menarik perhatian pemirsa sehingga dapat menghasilkan rating yang tinggi.

Efek-efek yang sering digunakan untuk memberi kesan dramatis di antaranya gerak lambat, gerak cepat, cropping, pencahayaan, zooming, black and white. (Jntuk mengolahnya, seorang video editor tentunya harus memiliki jiwa seni dan imajinasi yang tinggi. Bila tidak, acara infotainment tidak ada bedanya dengan acara berita biasa.

Reality Show

Keterbukaan dan kebebasan saat ini telah benar-benar menjadi hal yang biasa. Rahasia seseorang telah hampir tidak ada tempatnya. Entah di jalanan, rumah, mall, di sekolah, atau tempat umum lainnya, ekspresi wajah yang menampakkan kelucuan, rasa haru, empati, kaget, dan berbagai ekspresi psikologis seseorang rupanya telah dieksplorasi dan menjadi konsumsi publik. PH-PH berlomba-lomba mengambil momen ini untuk memproduksi beragam program televisi bertema reality shoiv.

Prospek Usaha Video Production

Tak dapat dipungkiri, berkembangnya industri pertelevisian nasional maupun lokal berdampak pada pertumbuhan industri hiburan, misalnya pencarian bakat seperti audisi vokal, komedi, dan lain sebagainya.

Dari bisnis tersebut kemudian berkembang hingga ke dunia industri video editing, seperti production house, periklanan, animator, euent organizer, promotor dan lainnya. Adanya semangat berkompetisi secara profesional telah meningkatkan daya kreasi dan inovasi di bidang penyajian materi media visual. Seiring dengan otonomi daerah, berdirinya stasiun televisi lokal memberi nafas segar untuk PH-PH untuk berlomba memproduksi acara lokal dan menjualnya ke stasiun televisi. PH-PH lokal dapat membuat tema program yang telah ada pada televisi nasional dengan kemasan tayangan khas lokal, tentunya dengan dukungan potensi daerahnya masing-masing. Hal ini jelas akan membuka peluang kerja yang luas sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di daerah. Selain itu juga tentunya akan membutuhkan banyak tenaga ahli terutama di bidang video editing.

Kalaupun tidak berkarya dalam PH atau televisi lokal, seorang video editor professional masih akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan pembuatan dan pengolahan video. Bahkan ada kecenderungan terus bertambah baik jenis maupun kuantitasnya. Dengan menawarkan harga yang terjangkau, bisnis video production akan semakin memasyarakat. Apalagi bila didukung peningkatan kualitas baik dari teknologi peralatan pendukung maupun kreatifitas pembuat.


Company Profile
Sebuah perusahaan, dalam berinteraksi dengan klien tentunya dituntut untuk mampu membangun citra diri yang sesuai sehingga dapat menarik simpati klien. Keberhasilan memperkenalkan diri (public relation) merupakan pintu awal dari kesuksesan selanjutnya. Untuk kebutuhan tersebut sekaligus sarana promosi, perusahaan membutuhkan sebuah sarana yang dipakai sebagai company profile (profil perusahaan). Sarana ini dapat berupa file presentasi, media kertas, atau video dengan sajian informasi yang lengkap, padat, menarik, dan jelas.

Company profile yang dibuat dalam format video dapat berfungsi sebagai bahan perkenalan, presentasi, maupun display pameran. Lewat media tersebut, klien dan masyarakat umum dapat memperoleh gambaran umum tentang perusahaan atau produk yang ditawarkan.
Video Laporan Perkembangan

Instansi pemerintah, perusahaan, sekolah, LSM, atau lembaga lainnya kadang diharuskan untuk menyampaikan perkembangan produktivitas kerja atau proses secara periodik kepada publik. (Jntuk keperluan tersebut dapat digunakan annual report yang tidak saja dalam format cetak, tetapi biasa dilengkapi dengan video.
Video Biografi

Produk ini paling sering digunakan untuk mendukung peluncuran buku biografi atau kampanye politik seorang calon pemimpin. Apalagi sekarang banyak daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah secara langsung sehingga perlu video biografi untuk menarik simpati massa. Video biografi juga dapat digunakan dalam acara ulang tahun pernikahan atau perkenalan pimpinan baru, politikus, atau budayawan.

Video Instruksional Bisnis dan Edukasi

Suatu perusahaan atau lembaga pendidikan tentunya sangat berkepentingan dalam memberikan pelatihan atau maupun materi ajar kepada pegawai atau siswa. Materi ajar atau instruksi suatu pekerjaan akan lebih mudah dan cepat dipelajari jika disajikan dalam bentuk video. Selain untuk bentuk video instruksional akan membantu penyampai materi dalam menjelaskan suatu strategi, proses kerja, petunjuk teknis, atau sebagai bahan pendukung modul pelatihan yang bersifat massal.

Video Presentasi
Presentasi merupakan salah satu aktivitas untuk menyampaikan suatu materi di depan banyak orang. Presentasi digunakan misalnya untuk memperkenalkan produk baru, menawarkan peluang usaha kepada investor, melaporkan perkembangan perusahaan, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan fungsi sebelumnya, penyampaian presentasi dengan media video akan lebih hidup, lebih professional, lebih mudah dimengerti dan lebih menarik serta memberi nilai tambah untuk Anda.

Iklan Layanan Masyarakat

Saat ini, iklan merupakan sarana wajib untuk sebuah lembaga profit maupun non-profit misalnya instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Dunia CIsaha, untuk penyampaian suatu informasi. Gntuk lembaga profit, iklan pada umumnya digunakan untuk menawarkan suatu produk atau jasa. Sedangkan untuk lembaga non-profit, beriklan dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan lembaga tersebut, visi, misi dan program yang diembannya. Iklan layanan masyarakat ini biasanya memiliki rentang durasi antara 30 hingga 60 detik.
Prospek Lain

Prospek lain yang dapat dijadikan peluang usaha video production ini antara lain:

  • Web design, dapat memberi sentuhan khusus sekaligus nilai tambah untuk pembuatan web.
  • Proyek-proyek yang membutuhkan pemetaan wilayah atau visualisasi suatu area untuk tim survei.
  • Dan banyak prospek lain yang berhubungan dengan penyampaian informasi media visual.

Dokumentasi Acara

Dokumentasi suatu acara dapat disiarkan secara langsung atau melalui video proyektor dan monitor televisi, atau dapat juga ditransfer ke bentuk VCD/DVD. Dokumentasi acara dapat menggunakan satu kamera atau lebih (multikamera).

Beberapa acara yang dapat dijadikan proyek paket dokumentasi antara lain sebagai berikut:

  • Acara pernikahan. Dokumentasi dapat terdiri dari rangkaian acara mulai dari acara lamaran, upacara adat, video prawedding, sampai resepsi pernikahan.
  • HGT/kegiatan perusahaan. Dokumentasi acara-acara perusahaan dapat pula diolah untuk bahan presentasi, company profile, kebutuhan laporan evaluasi, dan lain sebagainya.
  • Seminar, lokakarya, konferensi, atau rapat kerja. Dokumentasi acara semacam ini perlu ditangani dengan baik agar dapat dihasilkan arsip video yang berguna untuk semua pihak yang berkepentingan (panitia, lembaga, pihak sponsor, dan lain-lain).
  • Peluncuran buku/produk/peresmian. Selain menyajikan profil produk, jasa, atau biografi tokoh, acara peluncuran buku atau produk tersebut juga perlu diliput sebagai dokumentasi acara.
  • Pertunjukan seni atau olahraga. Biasanya pertunjukan kese-nian (teater, musik maupun tari) ataupun pembukaan, perlombaan ataupun penutupan olah raga selalu diliput secara LIVE.

Pertunjukan Kesenian/OIahraga

Adalah telah menjadi keharusan di setiap pertunjukan kesenian, (teater, musik maupun tari) ataupun pembukaan, perlombaan ataupun penutupan olah raga selalu diliput secara LIVE.
Copyright © Buek Video. All rights reserved.