Mengenal Video Editing dan Efek Khusus dengan Adobe Premier Untuk Pemula

Kitab Video Editing dan Efek Khusus

Adobe Premiere adalah sebuah software buatan Adobe yang berfungsi untuk mengendit video. Mengapa video perlu diedit? Tayangan video yang untuh dan dapat di nikmati oleh orang lain umumnya merupakan hasil dari penggabungan beberapa cuplikan film pendek, atau biasa disebut dengan istilah clip, dan aset lain yang telah di siapkan, seperti audio, title (teks dan judul), still image (foto dan ilustrasi), dan efek-efek khusus.
Nah, penggabungan itu dilakukan menggunakan software editing video seperti Adobe Premiere. Selain digunakan untuk menggabungkan beberapa clip dan aset lain menjadi satu video yang utuh, Adobe Premiere juga bisa digunakan untuk pengeditan dengan pengertian yang lebih luas, seperti :
# Menghapus adegan yang tidak diinginkan.
# Memberi efek transisi antara satu clip dengan clip lainnya.
# Membuat efek-efek khusus pada video.
# Mengoreksi video, seperti menambah intensitas cahaya, mengatur saturasi, dan sebagainya.
# Mengekspor video hasil editan tersebut ke dalam format yang dapat dipahami oleh platform lain.
# Mengedit audio serta musik yang menyertai video tersebut.

Masih banyak lagi fungsi editing yang bisa dikerjakan dengan memakai program Adobe Premiere.

Spesifikasi Teknis

Adobe Premiere adalah software untuk mengedit video. Oleh sebab itu, dibutuhkan spesifikasi teknis yang tidak kecil untuk dapat memakai software ini. Jika tidak mengikuti spesifikasi ini kerja Anda akan terganggu dengan lamanya loading setiap proses pengeditan. Dengan demikian akan membosan dalam bekerja editing video.
Untuk bisa bekerja dengan Menggunakan Softwar Adobe Premiere minimal di butuhkan PC dengan spesifikasi teknis sebagai mana berikut ini
# Procesor yang telah mendukung proses 64-bit
# MS Windows minimal ver 7 SP 1 64-bit
# Ram minimal 8 Gb
# Hardisk minimal 8 GB
# Monitor dengan resolusi minimal 1280x800

Mulai Menggunakan Adobe Premiere

Sehubungan dengan keperluan untuk mengedit video, maka sebelum melanjutkan penggunaannya, Anda harus terlebih dahulu memiliki bahan baku berupa potongan-potongan video atau clip yang akan di edit atau digabungkan.

Dalam hal ini mencakup pembahasan tentang :
# Pembuatan project video baru.
# Memilih dan mengimpor file-file footage dan meletakkannya secara berurutan ke dalam Timeline.
# Memberi title (judul) pada video.
# Mengekspor video

Apabila anda ingin mengoptimalkan fungsi dari Adobe Premiere untuk editing, workflow tersebut, maka bisa di tambahkan dengan pemberian efek khusus, animasi, pengeditan clip, dan sebaganya. Namun untuk sekedar pengenalan Adobe Premiere, Anda bisa memakai alur kerja sederhana tersebut di atas.


Copyright © Buek Video. All rights reserved.